Arsip Tag: Makanan Khas bogor

Wisata Kuliner Bogor

Wisata Kuliner Bogor

Salah satu alasan orang datang ke Bogor adalah untuk melakukan Wisata Kuliner Bogor. Di Bogor banyak terdapat tempat makan dengan berbagai keunikan tempat dan keaneka ragaman makanannya. Oke kita bahas satu-satu ya tempat makan yang pernah Rakarizi kunjungi.

1. Warung Sate H. Ismail

Alamat Warung Sate H. Ismail Jl. Ciremai Ujung No. 6 Kelurahan Sempur Kecamatan Bogor Tengah, kalau search di google Kelurahan Babakan padahal itu masih wilayah Sempur. Berlokasi di kawasan Taman Kencana dari Jl. Salak belok kiri masuk Jl. Ciremai ujung hanya 100 m setelah masuk letaknya disebelah kiri jalan.

Suasana Warung Sate H. Ismail

Warung satenya cukup luas dengan beberapa meja didalamnya, terdapat juga fasilitas toilet dan musholla. Untuk tempat parkirnya agak sempit bersatu dengan tempat makan yang lainnya, tapi tenang ada yang mengaturnya kok.

Warung Sate H. Ismail

 Sate yang dibakar banyak sekali

Menu yang disediakan cukup banyak jenisnya, ada sate ayam, sate kambing, sate kulit, sate telur dan sup kambing. Berhubung kami semua tidak ada yang suka kambing jadilah kami hanya memesan sate ayam 3 porsi alias 30 tusuk. Harga per porsi sate ayam Rp. 25.000 cukup murah untuk sate yang empuk, ayamnya berasa bumbu dan bumbu kacangnya legit bener sedap bangets lah menurut Rakarizi. Rasanya yang sedep bangets ini bakal membuat Rakarizi ballik lagi hehehe.

Penampakan sate ayam yang lezat

Just info ya temen-temen, Harga sate kambingnya Rp. 35.000 per porsi dengan dua pilihan bumbu yaitu bumbu kacang atau kecap pedas. Puas rasanya makan disini.

2. Mie Kocok Pak Husen

Mie Kocok adalah hidangan mie dengan kuah kaldu sapi. Isian dalam seporsi mie kocok terdiri dari mie kuning, tauge, irisian kikil, suwiran ayam, bakso, kuah kaldu sapi, ditaburi bawang goreng, seledri dan perasan jeruk nipis segar.

Mie Kocok Pak Husen

Suasana tempat makan Mie Kocok Pak Husen

Salah satu kudapan mie kocok yang terkenal di Kota Bogor adalah Mie Kocok Pak Husen. Mie Kocok Pak Husen terletak di Jl. Veteran No. 34 Kota Bogor tepatnya diseberang Citiplaza. Mie Kocok Pak Husen terkenal juga dengan sebutan Mie Kocok Jembatan Merah karena lokasinya yang tidak jauh dari kawasan jembatan merah. Tempat makannya tidak terlalu besar tapi cukup nyaman untuk bersantap disana.

Mie Kocok Pak Husen 1

Mie Kocok nih gaes… terlihat putihnya suwiran ayam dan kaldunya yang kental

Mie Kocok Pak Husen dibanderol dengan harga Rp. 25.000/porsi. Kuahnya kental, gurih, mie kuningnya beda, kikil dan ayam berlimpah tambah segar dengan perasan jeruk nipis. Menurut Rakarizi mie kocok ini enak dan beda.

3. Mie Jogja Pak Karso

Mie Jogja Pak Karso

Mampir ke tempat ini setelah Rakarizi kursus masak di De Chef Bogor, karena letaknya yang ga jauh dari tempat kursus yaitu diujung jalan Pajajaran Bogor. Tempat makan ini terdiri atas 2 lantai dan tempatnya cukup luas.

Harga Mie Jogja

Harga Ayam Penyet

Awalnya Rakarizi pilih tempat duduk dilantai 1 tapi kami belum pesan makanan saja sudah dua pengamen yang tampil jadilah kami pindah ke lantai 2 karena tidak nyaman. dilantai 2 juga tempatnya luas dan mejanya banyak jadi saran Rakarizi jika makan disini pilih lantai 2 saja ya.

Ayam Penyet

Tampilan Mie Goreng Sapi dan Mie Godog Ayam

Kami memesan makanan khas ditempat ini yaitu Mie Godog Ayam, Mie Goreng Sapi dan Ayam Penyet. Harga makanannya berkisar pada angka tiga puluh ribuan, Minumannya Milk Shake orange dengan harga Rp. 21.000. Ketiga makanannya memiliki rasa yang cukup enak, bumbu terasa, mienya agak tebal bukan mie biasa mungkin home made untuk Ayam Penyetnya juga cukup enak. Yang istimewa ukuran Milk Shake Orangenya jumbo sehingga bener-bener dapat membuat rasa dahaga terhapuskan hehehe.

Tonton juga review Mie Jogja di Channel Youtube Rakarizi ya

 

 

4. Warung Nasi Ampera

Warung Nasi Ampera merupakan tempat memulai perjalanan wisata kuliner Keluarga Rakarizi, kala itu keluarga Rakarizi melakukan wisata keluarga. Sehingga Warung Nasi Ampera merupakan legenda kuliner bagi Kami. Maka ketika Kami mampir lagi ke Warung Nasi Ampera, Cerita lengkapnya tentang Warung Nasi Ampera bisa dibaca disini

5. De Saung

Rumah makan yang berada dikawasan Ciapus Kabupaten Bogor ini menawarkan suasana makan yang berbeda, karena rumah makan ini dikelilingi sawah dan ladang, disekitar saung-saung tempat kita makanpun banyak terdapat tanaman yang mungkin dimanfaatkan untuk keperluan rumah makan seperti tanaman Pokcoy, Jeruk Nipis, Jeruk Limo dan sebagainya.

 

 

Wisata Kuliner Bogor

Berfoto dipinggiran sawah yang mengelilingi rumah makan


Untuk menuju ke tempat makan ini diperlukan sedikit perjuangan karena melalui jalan yang berliku dan menanjak tetapi tidak mengapa karena akan terbayar oleh suasana makan yang nyaman. Kuliner Bogor yang satu ini wajib Anda coba karena keindahan tempat makan ini dapat juga menghilangkan kejenuhan Anda

Saking asyiknya foto-foto suasana sekitar sampe lupa foto makanan


 

Melihat kebun ubi yang sedang dipanen


Pada saat kami makan disana kami disambut oleh pelayanan yang ramah dan bersahabat, lalu kami memesan makanan seperti Balapeda, Ayam Penyek bumbu rujak, Karedok, Cumi goreng dan lain-lain, untuk harga makanan sangat terjangkau untuk ukuran tempat makan seindah ini. Untuk rasanya cukup enak hanya saja yang paling berkesan bagi kami adalah Balapeda. Bala artinya berantakan peda adalah ikan peda berarti ikan peda yang berantakan dicampur telur cabe dan bumbu lainnya wuih enaklah pokoknya.

Fasilitas Musholla

 

6. Sop Ayam Pak Min Klaten

Sop Ayam Pak Mien Klaten beralamat Jl. KH. Abdullah bin Nuh Kelurahan Curug Mekar Kecamatan Bogor Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Yasmin Bogor. Letak setelah Rumah Makan Leuit Ageung sebelum Transmart Carrefour.

Pertama datang ke tempat ini kami langsung pesimis karena hanya satu menu yang disajikan ditempat ini yaitu Sop Ayam. Pilihannya hanya bagian tubuh ayam mana yang Anda inginkan apakah dada, paha, brutu, sayap, ati ampela dan pisah daging. Yang paling murah adalah nasi sop biasa/campur (nasi dan sop dicampur dalam satu mangkok), harganya masih dibawah Rp. 10.000 cukuplah buat sarapan. Dan yang paling mahal adalah sop ayam pisah dada diatas Rp. 20.000.

Sop Ayam Pak Min

Sop Ayam pisah daging bersama makanan pendampingnya


Rasa Sop Ayam Pak Min Klaten ini kuahnya segar dengan rempah-rempah dan jeruk nipis yang disiramkan sendiri kedalam mangkok. Dagingnya empuk tidak bau amis tapi hati-hati kena tulangnya ya. Karena repot dengan tulangnya maka dari kami sering memesan Sop pisah daging jadi tidak repot dengan tulang tinggal makan saja leup gitu hehehe. Tapi kalo sore hari sop pisah daging sering habis ya temen-temen. Ehhh hampir lupa sop ayam pak min juga ada makan pendamping juga lho seperti tahu goreng, tempe goreng, bergedel kalo dicampur kuah sop bikin tambah sedep dan nikmat lho. Ini merupakan tempat makan favorit kami di Bogor karena rasanya yang enak meski tempat makannya biasa saja.


7. Sate Shinta

Sate Shinta belum lama berdiri di Kawasan Yasmin Bogor. Sebelumnnya Sate Shinta ada dikawasan Puncak Bogor. Kuliner Bogor yang satu ini menawarkan berbagai macam menu sate. Menu Sate andalannya yaitu sate kambing, sate ayam sampai sate maranggi.

Menu yang Rakarizi pesan

Ketika kami masuk mulai tercium aroma makanan khasnya yaitu sate kambing, karena kami sekeluarga tidak menyukai daging kambing maka Kami tidak memesan menu tersebut. Kami memesan Sate Maranggi dan Sate Ayam dengan harga diatas empat puluh ribu rupiah untuk 10 tusuk sate. Untuk rasa satenya Sate Marangginya cukup enak perpaduan antara Sate Maranggi Cibungur Purwakarta dan Sate Maranggi Sari Asih Cianjur yaitu menggunakan dua macam sambal yaitu sambal tomat seperti Cibungur dan sambal oncom seperti Sari Asih. Nah untuk sate ayamnya rasa tipis sekali kurang bumbu menurut saya baik satenya maupun sambal kacangnya.

Pelayanan di Sate Shinta cukup baik apalagi untuk tukang parkirnya toplah.

Sate Ayam dan Sate Maranggi


8. Bakso Boejangan

Belum lama ini dibuka Bakso Boedjangan di Kota Bogor, alamatnya di Jl. Ahmad Yani tidak jauh dari GOR Padjajaran Bogor, Menunya cukup banyak dan menarik

Suasana di Malam hari di Bakso Boedjangan


saat berkunjung kesana saya hanya mencoba dua varian bakso yaitu Bakso Super Mozzarella dan Bakso Super Pedas, Rasanya enak dagingnya begitu terasa untuk kuah baksonya juga enak tapi menurut saya yang istimewa adalah bakso kecilnya enak banget begitu berbumbu untuk minumannya juga segar saya suka yang Leci mantap dah pokoknya. Pelayananya sangat ramah meskipun kelihatannya mereka letih tapi tetap tersenyum. Jam bukanya cukup panjang kalau ga salah sampe jam 12 malam gitu deh

Bakso Mozzarella


Untuk rekomendasi tempat makan bakso lainnya kamu juga bisa baca di Bakso Enak di Bogor

Semoga tulisan ini bisa membantu Anda semua yang sedang ingin Wisata Kuliner Bogor kekinian.

Makanan Khas Bogor yang Melegenda

Makanan Khas Bogor yang Melegenda

Makanan khas Bogor yang melegenda ini memang tidak familiar dikalangan milenial. Maka dari itu rakarizi.com coba memperkenalkannya didalam blog ini agar kalangan muda Bogor mengetahui makanan khas daerahnya sendiri.

Sebetulnya makanan khas Bogor yang melegenda ini dari segi rasa tidak kalah dari makanan kekinian jaman now. Tapi karena tidak populer di medsos jadi banyak kalangan muda yang tidak tahu. Oke kita bahas satu-satu ya ada makanan khas apa aja dikota Bogor dan tempat makannya yang melegenda.

1. Laksa Bogor

Laksa Bogor adalah sejenis makanan berkuah santan dengan isian lontong, bihun, tauge, tahu, telur rebus dan oncom merah serta taburan serundeng. Laksa Bogor disajikan dalam keadaan panas pas untuk sarapan. Kuah santan, taburan serundeng berpadu dengan isiannya menjadikan laksa ini manis gurih enak membuat pagi hari terasa segar.

Makanan Khas Bogor

Laksa Gang Aut Mang Wahyu meja makan dan Warung Laksa terpisah oleh jalan hehehe


Cara memasak laksa cukup unik. Yaitu isian laksa dimasukkan kedalam mangkuk kemudian mangkuk disiram kuah panas laksa sampai beberapa kali. Tujuannya agar sayuran, bihun dan oncom merahnya matang. Pada saat proses memasak itulah akan tercium harum rempah-rempah laksa dan daun kemangi. Untuk menikmati semangkuk laksa Bogor Gang Aut Anda cukup merogoh kocek Rp. 15.000 saja.

Kuah santan dipadu dengan serundeng hemmm nikmat


Adapun tempat makan laksa Bogor yang telah melegenda adalah Laksa Gang Aut Khas Bogor “Mang Wahyu”. Alamatnya Gg. Aut Jalan Surya Kencana Bogor. Patokannya ketika baru masuk Gg. Aut langsung belok kiri setelah itu Anda pasti langsung dapat menemukan tempat makannya. Jam Buka Laksa Bogor Gg. Aut adalah Jam 7.00-14.00.

Tonton Videonya ya

 

Baca juga Wisata Kuliner Bogor yang kekinian

 

2. Toge Goreng Pak Gebro

Toge Goreng merupakan salah satu makanan khas kota Bogor. Toge Goreng dilihat dari namanya berarti toge yang digoreng hehehe bukan toge yang digoreng itu hanya namanya saja. Toge Goreng merupakan toge yang direbus tanpa digoreng sama sekali, ditambah mie kuning, irisan tahu dan irisan lontong kemudian diberi bumbu tauco. Rasanya cukup enak asam-asam segar taucho bisa Anda tambahkan kecap manis dan sambal untuk memperkuat rasa yang pernah ada hehehe.

Toge Goreng Pak Gebro

Toge Rebus, Mie Kuning, Tahu, Lontong disiram bumbu tauco beuh seger

Untuk dapat menikmati Toge Goreng sebetulnya ada banyak tempat penjual toge goreng di kota Bogor. Tapi kalau Anda ingin menikmati toge goreng ditempat asalnya yang telah melegenda datang saja ke Jl. Pengadilan depan toko Irian Motor atau sebrang SD Pengadilan namanya Toge Goreng Pak Gebro. Saking melegendanya tempat ini sampe ada lagunya yang berjudul Toge Goreng Pak Gebro. Untuk dapat menikmati Toge Goreng Pak Gebro Anda cukup merogoh kocek sebanyak Rp. 15.000 saja.

Proses pembuatan toge goreng dan suasana tempat makan toge goreng pak Gebro

Ditempat ini juga Anda menikmati minuman khas Bogor yaitu Es Pala yang asam segar pokoknya nikmat. Minuman ini simpel hanya terdiri dari gula, irisan pala, air dan es tapi rasanya mantap bikin mata Anda melek seketika. Harga Es pala ditempat ini dibanderol dengan harga Rp. 6.000 saja sangat terjangkau kan.

Es Pala

Es Pala yang segar

3. Doclang Pak Odik

Doclang makanan khas Bogor yang terdiri atas lontong yang dibungkus daun patat, tahu goreng, kentang goreng, telur rebus, disiram bumbu kacang dan ditaburi kerupuk. Sekilas mirip dengan ketoprak tapi ternyata beda karena Doclang tidak memakai bihun dan sayur tauge. Doclang juga menggunakan lontong yang dibungkus dengan daun patat yang menghasilkan aroma yang khas. Bumbu kacang doclangpun berbeda karena telah diolah sedangkan ketoprak murni dari kacang yang diulek mendadak.

Doclang Pak Odik

Doclang Pak Odik dengan bumbu kacangnya yang enak


Untuk memperkuat rasa Anda bisa menambahkan sambal atau kecap. Harga per porsi doclang hanya Rp. 10.000 untuk yang biasa sedangkan jika memakai telur rebus Rp. 13.000 saja.

Doclang banyak ditemukan di Kota Bogor tapi menurut saya Doclang pak Odik adalah yang istimewa dan sudah berjualan selama puluhan tahun. alamat Doclang pak Odik adalah Jl. Pasir Kuda No.23, Pasir Jaya, Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16119. adapun jam bukanya jam 07.00-12.00.

Warung Doclang pak odik

Warung Doclang Bapak Odik yang begitu sederhana berbeda dengan tempat makan kekinian

4. Soto Mie

Soto Mie merupakan makanan khas Bogor yang melegenda dan masih bertahan sampai dengan saat ini. Soto Mie merupakan soto kuah bening dengan isian mie kuning, irisan keroket (risol), irisan kol, irisan tomat dan irisan daging. Banyak sekali pedagang Soto Mie di kota Bogor sampai bingung yang legendaris yang mana. Daripada bingung Rakarizi ulas aja salah satu Soto Mie terenak yang pernah Rakarizi makan yaitu Soto Mie Kang Ismet.

Soto Mie Kang Ismet beralamat di Jl. Dokter Sumeru seberang SMP YZA. Tempat makannya cukup luas untuk ukuran tukang Soto Mie, tempatnya nyaman dan bersih. Soto Mie Ismet buka jam 6.30 pagi dan biasanya habis pukul 11.00 karena selalu ramai jadi tidak sampai jam makan siang sudah habis.

Soto Mie Kang Ismet

Soto Mie Kang Ismet yang menggiurkan ditambah jeruk limo seger bener

Rasa Soto Mienya enak sedep banget, meski kuahnya bening bumbunya tetap berasa, daging empuk dan asli daging dengan irisan keroket tambah mantap. Ada menu tambahan diatas meja martabak kentang, kerupuk sampai kacang. Meski rasanya enak harganya tetap ok Rp.15.000/porsi tanpa nasi, jika pake nasi Rp. 17.000. Tempat makan Soto Mie recomended banget deh, patut dicoba temen-temen.


5. Bubur Ayam Kabita

Bubur ayam memang bukan makanan yang khas kota Bogor, tapi Bubur Ayam Kabita adalah bubur ayam khas Kota Bogor. Bubur Ayam Kabita telah berdiri sejak tahun 1971 sehingga telah melegenda. Bubur Ayam Kabita memang tidak seramai dulu tetapi bubur ayam ini tetap dikunjungi para penggemar setia yang ingin bernostalgia.

Bubur Ayam Kabita sebelum dan dan sesudah diaduk


Buburnya mungkin biasa tetapi ayamnya yang berbeda disini menggunakan suwiran ayam yang agak disemur. Harga Bubur ayamnya Rp. 11.000/porsi sedangkan satenya Rp. 2.500/tusuk. Rasanya enak cukup untuk membawa nostalgia ke masa lalu hehehe. Jadi cukup pantaslah jika Bubur Ayam Kabita saya masukan kategori Makanan Khas Bogor yang melegenda.