Keliling Kebun Raya Bogor Gratis Setiap Hari

Keliling Kebun Raya Bogor Gratis Setiap Hari

Alhamdulillah warga kota Bogor sekarang inshaaAllah semakin bahagia. Kenapa begitu karena banyak taman-taman disediakan gratis untuk warga kota Bogor bahkan warga kota Bogor dapat keliling Kebun Raya Bogor gratis setiap hari.

Keliling Kebun Raya Gratis Setiap Hari

Icon Kota Bogor Tugu Kujang dan Icon Pedestrian Kebun Raya Lawang Salapan

Kok bisa ya keliling Kebun Raya Bogor gratis setiap hari ? ya karena pemerintah Kota Bogor telah membangun pedestrian yang mengelilingi Kebun Raya Bogor. Pedestrian tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga Bogor untuk sekedar jalan-jalan atau berolahraga gratis setiap harinya. Jadi bener kan istilah Keliling Kebun Raya Bogor gratis setiap hari hehehe.

Untuk menunjang kegiatan olahraga dan jalan-jalan warga Bogor dipedestrian Kebun Raya berbagai fasilitaspun disediakan oleh Pemerintah Kota Bogor. Berikut fasilitas-fasilitas penunjang Pedestrian Kebun Raya Bogor :

Pedestrian yang nyaman

Pedestrian (trotoar) yang terbuat dari batu alam dengan lebar lebih dari 2 meter sehingga nyaman untuk warga berjalan dan berolah raga. Pedestrian ini dirawat secara berkala sehingga kebersihan dan kondisi batu alam tetap terjaga dengan baik.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Suasana Pedestrian Kebun Raya Bogor

Tempat Duduk untuk beristirahat

Setiap beberapa meter disediakan tempat duduk yang terbuat dari batu untuk beristirahat.

Tempat duduk

Tempat duduk batu untuk sekedar beristirahat

Instalasi air minum

Dibeberapa titik disediakan instalasi air minum untuk diminum oleh para pengguna pedestrian yang kehausan.

Tempat Sampah

Tempat sampahpun disediakan di pedestrian ini, jadi tidak ada alasan untuk buang sampah sembarangan.

Tempat Penyebrangan orang

Berhubung pedestrian Kebun Raya berada disebelah kanan jalan, maka jika kita ingin ke pedestrian ini kita harus menyebrang jalan. Untuk itu telah disediakan beberapa fasilitas penyebrangan orang baik itu zebra cross atau terowongan penyembrangan orang yang nyaman.

Terowongan Penghubung dengan Botani Square

Terowongan penghubung dengan Lapangan Sempur

Lawang Salapan

Lawang Salapan atau gerbang sembilan merupakan icon dari pedestrian Kebun Raya. Lawang Salapan menjadi salah satu landmark kota Bogor yang menjadi incaran pengunjung kota Bogor untuk ber swafoto karena bentuknya yang indah, megah, tinggi menjulang dengan warna putih.

Bangunan Lawang Salapan terdiri dari 10 pilar, 9 lawang (gerbang) dan 2 rotunda (gazebo). Bangunan lawang salapan bernuansa eropa menyerupai tiang yang terdapat di Istana Bogor dengan warna putih. Lawang Salapan diresmikan pada tanggal 7 desember 2016.

Pada bagian atas Lawang Salapan terdapat tulisan “DI NU KIWARI NGANCIK NU BIHARI SEJA AYEUNA SAMPEUREUN JAGA”. Adapun makna tulisan tersebut adalah “Apa yang kita nikmati saat ini adalah hasil pekerjaan orang terdahulu dan apa yang diperbuat oleh orang masa sekarang adalah warisan untuk masa depan”.

Lapangan Sempur

Sebetulnya lapangan sempur merupakan tempat yang berbeda dengan pedestrian Kebun Raya. Tapi Rakarizi masukkan sebagai penunjang pedestrian Kebun Raya Bogor karena biasanya penikmat pedestrian akan parkir disekitar lapangan sempur. Sebagai penghubung antara pedestrian dan lapangan Sempur disediakan terowongan bawah tanah untuk menyebrangi jalan raya.

Lapangan Sempur juga memiliki berbagai fasilitas rekreasi warga kota Bogor diantaranya :

Jogging track Lapangan Sempur

Jogging track yang nyaman dengan bahan dasar karet sintetis berwarna biru sepanjang 323 m.

Lapangan Sempur

Joging Track Lapangan Sempur

Taman Kaulinan

Taman Kaulinan yang berarti taman bermain. Taman seluas 600 m ini diperuntukkan sebagai sarana bermain anak-anak. Terdapat beberapa sarana permainan di Taman Kaulinan ini diantaranya Rumah Pohon, Perosotan dan Ular Tangga.

Taman Ekspresi

Taman seluas kurang lebih 2500 m dimana ditengahnya terdapat lapangan dengan alas batu andesit dan dikelilingi undak-undakan sebagai tempat penonton. Taman Ekspresi ini diperuntukkan untuk warga berkumpul dan beraktifitas, berekspresi menunjukkan bakatnya. Taman ini juga dikeliling pohon-pohon yang besar dan rimbun sehingga udara ditempat ini sejuk dan segar.

KASM

Keran Air siap minumpun tersedia ditempat ini.

Pos Park Ranger

Di lapangan sempur juga terdapat Pos Park Ranger yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban lapangan sempur. Setiap hari Park Ranger akan berpatroli menjaga taman dan lapangan dari tangan-tangan jahil yang akan merusak taman.

Park Ranger

Pos Park Ranger dimana sebelahnya terdapat Kran air siap minum

Food Court

Ini dia yang paling penting, yaitu tempat makan. Jadi setelah lelah berolah raga Anda bisa makan dan minum ditempat ini. Dari mulai bubur ayam, ketoprak, siomay, batagor dan lain-lain tersedia disini. Tapi inget makannya jangan kebanyakan ya, tar jadi sia-sia olah raganya hehehe.

Ingin wisata kuliner di Bogor baca ini ya

Gimana temen-temen setelah mengetahui fasilitas yang dimiliki pedestrian Kebun Raya dan Lapangan Sempur, pasti tertarik donk untuk keliling Kebun Raya gratis setiap hari hehehe.

Lihat juga tempat wisata lainnya di Bogor

 

 

 

2 pemikiran pada “Keliling Kebun Raya Bogor Gratis Setiap Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *