Arsip Bulanan: Maret 2019

BuburQu Tempat Sarapan Kekinian

BuburQu Tempat Sarapan Kekinian

Seperti biasa setiap pagi dihari libur pasti Rakarizi bingung untuk mencari sarapan. Biasanya Rakarizi mencari ketoprak, nasi uduk atau bubur pinggir jalan. Kali ini Rakarizi ingin makan bubur ayam, lalu Rakarizi pergi mencari tukang bubur pinggir jalan yang belum pernah Rakarizi coba… biar gak bosen maksudnya hehehe. Dalam perjalanan mencari tukang bubur Rakarizi menemukan sebuah ruko 2 lantai dengan parkiran cukup luas berjualan bubur bernama BuburQu Cafe and Resto. Lalu Rakarizi putuskan untuk sarapan ditempat ini yaitu Buburqu tempat sarapan kekinian.

Lihat wisata kuliner kekinian lainnya di Bogor

BuburQu Tempat Sarapan Kekinian

Bubur Ayam Sukabumi dan Bubur Manado yang kami pesan dengan porsi cukup besar

Sejarah Tentang BuburQu

BuburQu merupakan pelopor bisnis waralaba bubur pertama di Indonesia yang didirikan oleh M. Suci Mardiko pada tahun 2006. BuburQu mulai dirintis dari Kota Pasuruan Jawa Timur dan kini telah memiliki beberapa cabang dibeberapa kota di Indonesia.

BuburQu tempat sarapan kekinian yang nyaman

Rakarizi mampir ke BuburQu cabang Cibinong yang beralamat di Jl. Raya Sukahati Karadenan Cibinong Bogor. Agak kaget juga ketika melihat ada cafe dan resto dengan menu utama bubur makanya Rakarizi coba untuk mampir untuk merasakan bubur dan suasananya.

Suasana BuburQu Cafe and Resto

Kesan untuk suasananya sangat nyaman ada meja dengan kursi atau sofa yang tertata rapi. Terdiri atas 2 lantai yang cukup untuk menampung banyak orang. Ada juga children playground untuk bermain anak-anak pengunjung cafe. Pokoknya tempat ini adalah tukang bubur yang paling nyaman yang pernah saya kunjungi karena selain tempatnya yang nyaman karyawannyapun ramah-ramah sehingga membuat suasana makin nyaman. Oh iya just info tempat ini buka dari jam 6.00 s/d 23.00 ya.

Menu yang ditawarkan

Menu yang ditawarkan antara lain aneka macam bubur dari berbagai macam daerah di Indonesia. Kemudian aneka olehan ayam seperti Ayam Penyet, Ayam Bakar dan Ayam Kremes. Ada juga aneka olahan iga seperti Iga Bakar Saus Ndeso, Iga Bakar Saus Barbeque dan Iga Penyet. Sedangkan untuk minumannya disediakan aneka ragam coffe yan tentunya patut untuk dicoba. Sebetulnya masih banyak menu makanan dan minuman yang disedikan di cafe ini cuma aja kalo Rakarizi ketik semua cape juga ya hehehe.

BuburQu Cafe and Resto2

Daripada Rakarizi ketik menunya sampe banyak liat aja sendiri ya digambar ini hehehe

Makanan yang Rakarizi Pesan

Kali ini di BuburQu Rakarizi Memesan Bubur Ayam Sukabumi, Bubur Manado, Vietnam Drip Coffee dan Ice Shaken Coffee. Kita bahas satu-satu ya hehehe.

Bubur Ayam Sukabumi

Bubur Ayama Sukabumi Terdiri atas bubur nasi dengan topping suwiran ayam, kacang kedelai, irisan cakwe, seledri, bawang goreng serta kuah kaldu dalam mangkuk kecil terpisah. Untuk rasanya cukup enak dengan porsi yang besar yang akan membuat perut Anda kenyang. Harganyapun murah yaitu hanya Rp. 13.000 tidak beda jauh dengan tukang bubur pinggir jalan.

Bubur Ayam Kabita yang melegenda ada disini

Bubur Manado

Bubur Manado terdiri atas bubur nasi, suwiran ayam, daun bayam, jagung rebus, ikan cakalang dan kaldu khas bubur Manado. Rasanya enak terasa sekali rasa ikannya ditambah sambal sebagai penguat rasa pedas. Bubur Manado dibanderol dengan harga Rp. 17.000.

Bubur Daging Krawu Gresik

Bubur Daging Krawu Gresik terdiri atas bubur nasi, suwiran daging krawu (kalo orang sunda daging gepuk), kacang, seledri, emping bubuk. Rasanya enak dan suwiran daging krawunya lumayan banyak yang kurang bagi saya sambalnya terlalu sedikit.

Bubur Manggul Seafood Madura

Nah bubur ini agak beda dari yang lain karena hanya terdiri dari seafood (Udang dan Cumi) serta kuah kaldu seafood. Rasanya lumayan enak Rakarizi aja makannya sampe lahap kaya gini. Tonton aja video Rakarizi ketika makan bubur seafood dibawah ini :

 

Vietnam Drip Coffee

Sebagai orang yang bukan penggemar coffee tentu kaget dengan tampilan Vietnam Drip Coffee ini. Yaitu gelas kaca diatasnya terdapat penyaring kopi dimana kopinya akan menetes sedikit demi sedikit kedalam gelas berisi air panas dan susu. Untuk rasanya ada rasa asem-asem gimana gitu hehehe tapi enak, nikmat dan bikin seger kepala. Vietnam Drip Coffee dibanderol dengan harga Rp. 12.000 saja.

Ice Shaken Coffee

Ice Shaken Coffee sepertinya kopi hitam yang diberi gula kemudian dikocok-kocok dengan es sehingga berbuih dan dingin. Rasanya juga enak dan menyegarkan. Harga Ice Shaken Coffee sama dengan Vietnam Drip Coffee.

Vietnam Drip Coffee

Vietnam Drip Coffee dan Ice Shaken Coffee

Rakarizi menghabiskan waktu ditempat ini cukup lama karena suasananya yang nyaman disertai makanan dan minuman yang enak. Mungkin ini penyebab jam buka resto ini cukup panjang karena dipagi hari orang ingin menikmati makanan di Buburqu tempat sarapan kekinian dan dimalam hari orang ingin menikmati kopi.

 

Menjelajah Dua Curug Dalam Satu Hari

Menjelajah Dua Curug Dalam Satu Hari

Seperti biasa setiap hari sabtu Bapak dan Mama Rakarizi suka iseng menunggu Rakarizi pulang sekolah. Kali ini, Bapak setelah mengantar Rakarizi ke sekolah mengajak Mama untuk pergi Menjelajah dua curug dalam satu hari. Ternyata keinginan Bapak bak gayung bersambut, Mama mengiyakan keinginan Bapak alhasil berpetualanglah mereka mencari curug disekitar Bogor.

Menjelajah Dua Curug Dalam Satu Hari

Curug Lontar yang begitu indah

Berbekal Google Maps, motor dan doa mereka pun menjelajah curug yang sebetulnya merekapun tidak tahu bagaimana nanti rute yang akan ditempuh. Mereka mencari-cari curug yang jaraknya paling dekat dari Sindang Barang Bogor. Ditemukanlah Curug Lembah Pelangi atau lebih dikenal oleh penduduk sekitar dengan nama Curug Jatake yang jaraknya kurang 15 km dari Sindang Barang Kota Bogor.

Perjalanan Menuju ke Curug Lembah Pelangi

Curug Lembah Pelangi beralamat di Kampung Jatake Desa Cimanggu I Kec. Cibungbulang Kab. Bogor. Ok Alamat sudah diketahui, bensin motor masih ada meski tak full tank, google maps pun siap lalu meluncurlah mereka ke Curug Lembah Pelangi. Alhamdulillah kawasan kampus IPB Dramaga yang biasanya macet ini tidak macet hanya ramai lancar saja sehingga sampai di Desa Cimanggu I hanya dalam waktu 30 menit saja.

Setelah di Cimanggu I inilah pencarian mulai dilakukan, jalan menuju curug cukup untuk mobil dan tibalah mereka dijalan menurun yang di beton namun tidak rapi sehingga terlihat licin. Mama turun dari motor tidak mau menuruni jalan tersebut menggunakan motor. Bapak menuruni jalan menggunakan motor dengan perlahan, ternyata curug sudah dekat dari jalan menurun tersebut hanya sekitar 100 m.

Curug Lembah Pelangi

Tibalah di pos pintu masuk curug yang dijaga oleh satu orang saja. Harga tiket masuk curug Rp. 5.000, parkir Rp. 3.000 jam buka pukul 8.00 s.d 18.00. Dari pos jaga kita harus menuruni sekitar 20-30 anak tangga untuk sampai ke lokasi curug. Di Curug Lembah Pelangi terdapat empat curug curug yang ketinggiannya 60 m ada dua curug yang satu airnya besar yang satu lagi airnya kecil. Curug ketiga lebar namun ketinggiannya hanya sekitar 20 m dan yang curug yang keempat sangat kecil.

Curug Lembah Pelangi yang utama jaraknya cukup jauh dari posisi aman. Kalo ingin berfoto lebih dekat dengan curugnya kita harus turun ke sungai sedangkan turun ke sungai tidak diperbolehkan karena dikhawatirkan terjadi longsor. Karena dilarang jadilah Bapak dan mama hanya berfoto dari jarak jauh dan menikmati berfoto di dua curug lain yang lebih aman. Air curugnya cukup bersih hanya kondisinya saja yang belum tertatata dengan baik sehingga berasa ada yang kurang. Ketika mereka ke Curug Lembah Pelangi fasilitas kolam renang yang ada di curug tersebut sedang diperbaiki.

Suasana di Pos atas Curug Lembah Pelangi dan keempat Curug yang ada disana

Puas menikmati Curug sekitar 1 jam, mereka memutuskan naik ke pos untuk pulang. Ketika sampai di pos ternyata ada view indah juga untuk berfoto disekitar pos. Ketika mereka hendak pulang mereka diberitahu bahwa tidak jauh dari situ ada curug lagi namanya Curug Lontar. Karena jam masih menunjukkan pukul 10.00 mereka memutuskan untuk menjelajah satu curug lagi yaitu Curug Lontar.

Perjalanan ke Curug Lontar

Jarak dari Curug Lembah Pelangi ke Curug Lontar sekitar 13 km. Mereka kembali mengandalkan google maps sebagai penunjuk arah menuju Curug Lontar yang beralamat di Desa Karyasari Kec. Leuwiliang Kab. Bogor. Sampai di Pasar Leuwiliang kita belok kiri menuju Puraseda atau Cianten. Dari Pasar Leuwiliang tersebut kita berjalan cukup jauh sampai ditemukan PLTA Karacak yang ditandai pipa besar dikanan kiri jalan. Dari PLTA Karacak sudah tidak jauh lagi ada disebelah kiri jalan ada sawah bertuliskan Curug Lontar, hati-hati terlewat yah karena papan namanya kecil. Motor bisa masuk melalui jalan setapak cor yang melintasi sawah dan beberapa rumah.

Sebelum kita menikmati suasana Curug Lontar ada baik kita mengetahui sedikit pengetahuan tentang Curug Lontar

Pengetahuan tentang Curug Lontar

Curug Lontar merupakan bagian Pongkor National Geopark. Curug Lontar adalah situs geologis yang terbentuk oleh batuan yang berasal dari gunung berapi purba yang berusia antara masa pliocene hingga pleistocene (sekitar 4 hingga 2 juta tahun yang lalu).

Curug Lontar 2

Curug Lontar merupakan Situs Geologi bagian dari Pongkor National Geopark

Curug Lontar terdiri atas 3 lapisan Entablatur, Collonade dan Pyroclastic. Entablature bagian dari pembekuan lava panas pijar dalam bentuk yang tidak teratur sebagai akibat dari menyentuh udara dingin di permukaan bumi atau air yang terjadi dengan sangat cepat. Collonade Terletak di lapisan bawah lava entablature. Ketika entablature telah menggumpal. yang terkumpul masih berupa lahar panas pijar. Perlahan-lahan ia kemudian membeku membentuk pola seperti sebuah tiang. Bentuk kutub menghasilkan pembekuan berdiri tegak pada bagian freezer permukaan bumi. Pyroclastic adalah material bebas yang dihasilkan dari letusan gunung berapi. Bahan yang terbentuk halus dikenal sebagai Tuff. Sementara bahan berisi fargments ukuran batu kasar dikenali sebagai Breccia

Suasana Curug Lontar

Dari area parkir kita berjalan sedikit melewati sawah menuju pos jaga. Untuk masuk ke Curug Lontar dikenakan bea masuk Rp. 15.000/orang sudah termasuk asuransi dan Rp. 5.000 untuk parkir. Dari pos jaga kita harus menuruni tangga yang cukup jauh, kemudian tangganya juga tidak tersusun rapi seperti di Curug Lembah Pelangi dan agak licin apalagi jika hujan jadi hati-hati ya. Meski kawasan wisata Curug Lontar tak tertata dengan rapi tapi keindahan curug lontar memang tak terbantahkan.

Lelah menuruni tangga terbayar dengan suguhan cantik kawasan Curug Lontar yang indah. Curug Besar dengan tinggi sekitar 30 meteran diapit dengan tebing beralapis Entablatur, Collonade dan Pyroclastic sungguh sangat indah. Air curug jatuh ke dalam kolam besar hijau seluas 7000 meter persegi dengan kedalaman sekitar 26 meter menambah keindahan Curug. Oleh karena kedalaman kolam ini sebaiknya jangan berenang disini apalagi yang kemampuan berenangnya masih biasa-biasa saja hehehe. Belum lagi batu-batu besar bersih yang ada di sungai lebar memberi kesan yang berbeda.

Galeri Foto di Curug Lontar

Mereka yang datang kesini dapat mengambil foto dari berbagai sudut dengan latar belakang Curug Lontar yang mempesona. Pose yang unik dan kreatif juga bisa dilakukan disini agar tidak monoton. Bapak dan mama datang ke curug ini tepat ditengah hari tapi tetap tidak mengendurkan semangatnya untuk menikmati curug ini.

Curug Lontar

Foto andalan di Curug Lontar

Setelah 1 jam lamanya menikmati curug mereka kemudian memutuskan untuk naik shalat Juhur dan kemudian pulang. Perjalanan naik dari curug sangat melelahkan dengan tangga yang tidak rapi dan tidak bagus membuat mereka tambah lelah. Sampai dipos jaga dalam keadaan yang lelah penjaga pos mengajak biacara, mengeluarkan keluh kesahnya tentang kurangnya sarana dan prasarana yang ada di Curug Lontar.

Lelah main Curug di Bogor ? bisa mampir ke Wisata Kuliner Bogor Kekinian

Harapan Untuk Curug Lontar

Melalui tulisan ini kami mengajak marilah kita sama-sama menjaga Curug Lontar yang indah ini. Baik itu menjaga kebersihan maupun menjaga kelestarian Curug Lontar. Semoga juga ada pihak yang dapat membangun sarana prasarana di curug ini, baik itu jalan akses masuk dan parkir yang masih seadanya, kemudian jalan turun yang masih sulit untuk dilalui. Jika sarana dan prasarana Curug Lontar sudah baik pastilah makin banyak wisatawan yang berkunjung dan menikmati keindahan curug ini. Otomatis pendapatan masyarakat sekitarpun bertambah jika objek wisata ini dikelola dengan baik.

Tempat Wisata lain di Bogor

Itulah harapan dari Penjaga Pos Curug dan kita semua. Bapak dan mama sangat lelah merekapun memutuskan untuk pulang ke rumah. Perjalanan mereka menjelajah dua curug dalam satu hari berhasil dengan baik walaupun melelahkan hehehe.

 

Bermalam Mingguan di Jimmers Mountain Resort

Bermalam Mingguan di Jimmers Mountain Resort

Pada hari sabtu bapak Rakarizi ditugaskan mengikuti Worskshop di Jimmers Mountain Resort. Agar terbebas dari buka tutup kawasan puncak bapak memutuskan untuk membawa motor sendiri menuju resort. Jadilah malam minggu ini bapak tidak bersama kami karena bapak bermalam mingguan di Jimmers Mountain Resort.

Bermalam Mingguan di Jimmers Mountain Resort

View Kolam Renang Jimmers Mountain Resort

Alamat dan Patokan Jimmers Mountain Resort

Untuk mengetahui bagaimana sih keadaan Jimmers Mountain Resort kita ikutin yuk review dari bapak Rakarizi. Jimmers Mountain Resort beralamat Jl. Raya Puncak KM. 77 Leuwimalang Desa Kopo Cisarua Kab. Bogor Jawa Barat. Untuk menuju kawasan puncak ini sebaiknya Anda berangkat pagi-pagi agar tidak terkena macet. Karena kalau sudah jam 9.00 pagi kawasan ini sudah mulai macet meski hanya satu jalur yang dibuka.

Suasana Jimmers Mountain Resort

Patokan untuk mencapai Jimmers Mountai Resort adalah setelah Bakmi Golek ada jalan disebelah kanan Jl. raya puncak itulah jalan masuk ke Jimmer Mountain Resort. Dari jalan tersebut Anda tinggal masuk kedalam kurang lebih 1 km saja. Jalannya tidak terlalu luas dan ada jalan menurun yang agak panjang, berkelok dan cukup sulit sehingga Anda harus berhati-hati ya. Anda juga harus bersiap menanjak panjang ketika pulang nanti.

Sampai dikawasan resort Anda akan disuguhi pemandangan resort yang tersusun rapi meski tidak begitu luas. Perpaduan bangunan resort yang rapi dengan pemandangan yang indah merupakan keunggulan dari Jimmers Mountain Resort.

Lihat juga review Hotel Orchardz Jayakarta

Fasilitas Kamar

Setelah sampai di Resort saya mendapatkan kamar di lantai 2. Kamar saya cukup luas dengan 2 bed besar, kursi dan meja untuk bersantai minum kopi sambil menikmati pemandangan diluar jendela. Fasilitas kamar cukup lengkap dari mulai teko listrik, air mineral, teh, kopi, anduk, lemari dan gantungan bajupun disediakan. Fasilitas kamar mandi pun lengkap dari mulai shampo, sabun, air hangat, air dingin sehingga kami dapat menikmati suasana mandi di hotel dengan nikmat.

 

Fasilitas Kamar

Lihat Fasilitas Harper HOtel Cawang

Makanan di hotel

Karena saya pulang pada hari minggu subuh jadi tidak merasakan sarapan di hotel sehingga tidak dapat mereview suasana sarapan di Jimmers. Meski tidak sarapan tapi saya merasakan makan siang dan malam di hotel. Dari mulai Ayam goreng tempung, kakap goreng tepung, tahu goreng, tempe goreng dan sup saya merasa rasanya cukup enak.

Kolam Renang

Salah satu keunggulan resort ini menurut saya adalah kolam renang yang luas dengan latar belakang pemandangan gunung yang indah menjadikan lokasi ini paling enak untuk dinikmati dan berfoto ria. Kolam renangnya luas dengan kedalaman 1 sampai dengan 1.2 m dengan air yang bersih. Saya menikmati berenang disini pada sore hari, sungguh menyenangkan dan membuat refresh.

Bermalam Minggu di Hotel

Suasana malam minggu saya di Jimmers Mountain Resort sungguh sangat biasa saja. Mungkin karena tidak membawa Rakarizi dan mamanya jadi yah begitulah suasananya jadi kurang afdol. Saya mengisi malam minggu hanya dengan menonton tv di kamar hotel setelah makan malam. Ditengah malam saya menikmati Pop Mie karena terbangun dari tidur dan susah tidur lagi. Oh ya karena hotel ini cukup jauh dari jalan raya, bagi Anda yang doyan ngemil sebaiknya sebelum ke hotel sebaiknya berbelanja dulu menyiapkan bekal yang cukup untuk sehari semalam hehehe.

Jimmers Mountai Resort

Sunset yang terlihat dari dalam kamar

 

Karena saya pulang dipagi buta jadi tidak sempat jalan-jalan dilingkungan sekitar hotel dan tidak sempat sarapan pula. Sehingga dengan demikian tidak ada lagi yang dapat saya ceritakan hehehe sampai sini aja ya cerita tentang bermalam mingguan di Jimmers Mountai Resort.